PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPTUSAN DALAM MENENTUKAN SISWA INKLUSI

  • Ridwan Yusuf
  • Ni Wayan Afrida Handayani

Abstract

SDN2 Sakti Buana adalah Lembaga Pendidikan Sekolah Dasar Negeri 2 sejak tahun 1980, dan mempunyai siswa dari suku, latar belakang dan kemampuan dalam menyerap pelajaran yang berbeda-beda.


Pihak guru ingin siswa didiknya mempunyai prestasi di segala bidang tetapi tidak semua siswa mempunyai kemampuan yang sama dalam memahami materi yang diberikan oleh guru diskolah sehingga siswa yang mempunyai kekurangan tersebut akan ketertinggalan pelajaran dengan teman yang lainnya. Tidak terkecuali dengan siswa yang berkebutuhan khusus (inklusi), dengan adanya program pemerintah yang menyamaratakan siswa-siswi inklusi dengan siswa yang normal lainnya disatu sekolah yang sama akan menyulitkan pihak guru dalam cara mengajar karena guru tidak bisa membedakan siswa yang tergolong inklusi.


Penelitian yang dilaksanakan dimaksudkan untuk menghasilkan sebuah sistem pendukung keputusan (SPK) yang dapat membantu dalam menentukan siswa inklusi di SD Negeri 2 Sakti Buana Lampung Tengah. Subjek pada penelitian ini adalah aplikasi penunjang keputusan (SPK) dalam menentukan siswa inklusi. Pembuatan aplikasi ini menggunakan metode SDLC yang dimulai dari tahap analysis, design, code, dan testing,  serta PHP dan MySQL sebagai alat pengkodean system.


Penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah perangkat lunak tentang “Perancangan Sistem Pendukung Keputusan dalam Menentukan Siswa Inklusi (SPK) di Sekolah Dasar Negeri 2 Sakti Buana Lampung Tengah” yang dapat membantu dalam menentukan siswa yang tergolong inklusi. Informasi yang dihasilkan dari sistem ini adalah siswa yang tergolong inklusi berdasarkan data kriteria dan data penilaian

Published
Oct 31, 2017
How to Cite
YUSUF, Ridwan; HANDAYANI, Ni Wayan Afrida. PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPTUSAN DALAM MENENTUKAN SISWA INKLUSI. I-ROBOT, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 52-65, oct. 2017. ISSN 2549-8436. Available at: <http://ojs.stmikdharmawacana.ac.id/index.php/I-ROBOT/article/view/9>. Date accessed: 29 sep. 2020.
Section
Articles